AdvertorialDaerahHeadline

Anggota DPRD Kaltim Harun Al Rasyid Berikan Wawasan Kebangsaan di Sangatta

LATESTBONTANG – Anggota DPRD Kalimantan Timur (Kaltim), Harun Al Rasyid kembali memberikan pemahaman terkait Wawasan Kebangsaan kepada masyarakat di Sangatta, Kutai Timur, 20-22 Januari 2023.

Sosialisasi yang diagendakan tepatnya di YPM Darussalam, Warga Bara, Kec. Sangatta Utara tersebut dalam rangka untuk penanaman nilai-nilai dari empat pilar persatuan dan kesatuan Indonesia tersebut adalah untuk mencegah disintegrasi, serta sifat-sifat menyimpang yang ada di masyarakat seperti korupsi dan pergaulan bebas.

Pada kesempatan itu juga, legislator yang juga Hafizh Qur’an ini menuturkan, tantangan yang dihadapi dalam menjaga kesatuan bangsa dan keutuhan Negara Indonesia yang harus diwaspadai  adalah pudarnya rasa nasionalisme terhadap bangsa. Oleh karena itu, ideologi negara, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan kebhinekaan menjaga kedaulatan bangsa harus betul-betul dijaga.

“Sosialisasi ini juga mengingatkan kita bahwasanya, menanamkan kembali ke masyarakat mengenai nilai-nilai wawasan kebangsaan seperti pengorbanan, kesederajatan, dan kekeluargaan, memang sangat diperlukan,” ujarnya.

Ia menambahkan, pengamalan terhadap butir-butir Pancasila itu tidak kalah penting dalam proses penerapan didalam kehidupan masyarakat sehari- hari. Salah satunya sila kedua yang berbunyi kemanusiaan yang adil dan beradab.
“Pada butir sila kedua ini, adalah perwujudan nilai kemanusiaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, manusia merupakan makhluk yang berbudaya, bermoral, dan beragama,” jelasnya

 

Untuk menjaganya, lanjutnya, perlu untuk bersinergi dan diresapi dalam hati.

“Negara kita harus terus solid, penuh toleransi dan saling menghargai. Kekuatan Indonesia sangat luar biasa, harus dipertahankan dari pihak yang ingin merusaknya. Ini tugas kita bersama, tugas semua elemen masyarakat, maka tentu kita harus bersinergi,” ujarnya.

Sebelum kegiatan usai, Harun Al Rasyid juga memberikan sebuah motivasi dan penguatan kepada peserta agar terus bersemangat terutama dalam menggapai kesuksesan.

“Harus terus mengembangkan kemampuan, perbesar potensi yang ada di dalam diri. Karena kesuksesan akan hadir bagi siapa saja yang memperjuangkannya,” tandasnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button